Dalam penelitian kualitatif, peneliti melakukan pengumpulan data yang salah satu tekniknya adalah dengan indepth interview atau wawancara mendalam. Terkadang peneliti merasa kesulitan untuk melakukan analisis hasil wawancara mendalam. Oleh karena itu, penulis akan memberikan contoh yang aplikatif dalam melakukan data collection, data display, data reduction dan conclusion. Penulis mempelajari langkah analisis ini dari seorang dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yaitu Bapak Dr. M. Bagus Qomaruddin, drs., M.Sc.
Prinsip-prinsip analisis data kualitatif hasil wawancara saya rangkum dalam 4 (empat) langkah sebagai berikut :
- Membuat transkrip hasil wawancara
- Mengelompokkan jawaban responden
- Membuat rekapitulasi jawaban responden
- Menyimpulkan jawaban dan pembahasan
Penulis akan memberikan contoh mengenai hasil wawancara mendalam dengan tema stress di tempat kerja. Agar mudah dipahami, penulis akan mengambil 3 responden untuk dianalisis. Hasil wawancara ini hanya sekedar contoh dan kebetulan menggunakan bahasa santai dan informal. Bagi kawan-kawa yang berasal dari luar jawa, semoga bisa memahami. hehehe....
Oke, saya mulai rinci step by step.
Step I : Membuat Transkrip Hasil Wawancara
Pada tahap ini, peneliti menuliskan hasil wawancara apa adanya. Agar tidak kehilangan kata demi kata, sebaiknya pada saat wawancara, peneliti perlu menggunakan alat perekam suara baik smartphone, tape recorder dan lain-lain. Berikut ini contoh hasil transkrip wawancara mendalam
Transkrip Wawancara Responden Pertama
Nama
|
Dialog
|
H
|
panjenengan tahu gak pengertian stress itu apa sih? Yang panjenengan
tahu
|
B
|
stress itu saat menerima keadaan yang tidak sesuai dengan harapan
|
H
|
selain itu kira-kira? Apa sih yang membuat kita itu stress? Selama
ini apa yang membuat panjenengan di sungram merasa stress?
|
B
|
Langsung contoh rill ndak opo-opo ya? Ndak harus di…
|
H
|
ndak apa-apa, sebanyak-banyaknya ndak apa-apa
|
B
|
kalo di sungram itu yang pertama biasanya ada kebutuhan mendadak kan,
itu waktu rapat tidak pernah diusulkan, tapi saat kejadian harus
dilaksanakan. Itu kan gak papa, tapi kan yang bikin stress itu nek misale
nyebut-nyebut, oh iki perencanaan sing salah. Nah itu yang bikin stress.
Kalau ada kesalahan, kesalahan ditimpakan ke perencanaan. Yang kedua itu nek misale…. Iki sing
pelaporan yo… kita dihadapkan pada saat kita disuruh melakukan yang tidak
sesuai dengan kemampuan, iku stress aku wis. Terus… banyak si sakjane. Terus
mari ngunu iku, pada saat kita ada orang bertikai atau pokoknya di
tengah-tengah konflik kita di tengah tengah, gak melok konflik tapi kenek
awune, atau imbase gitu.
|
H
|
apa sih kira-kira ciri-cirine atau gejalane kalo panjenengan merasa
stress?
|
B
|
gejalane kalo saya mengalami stress?
|
H
|
Iya
|
B
|
gejalane kalo saya merasa stress biasanya gak mood kerja. Terus
misale sakjane buka excel opo mbuka word ngunu mbuka mbuka liyane. Wis kayak
golek pelampiasan ngunu Mas..gak nggarap ikulah, itu yang pertama. Terus yang kedua itu jadi gelisah kalo saya
stress, bingung iki, bingung iki, onok wae sing digelisahno. Terus sing
ketiga, ciri-cirine lek lagi stress itu opo yo.. maleh pendiem ngunu lo.. dan
susah untuk fokus.
|
H
|
sering begitu ya?
|
B
|
nek saiki wis mulai tahap diseneni ya wis, disalahno ya wis. Wis
mulai let it go lah.
|
H
|
nah itu hubungannya dengan yang ke 4. Untuk meredakan stress, Apa
yang panjenengan lakukan?
|
B
|
susah se sakjane. Tapi yen menurutku, tapi belum pernah aku lakukan,
mencoba aku lakukan. Yen onok masalah iku ojo langsung panik, tapi meneng
sik, dipikir sik. Kadang gitu kan kalo masalah terus langsung nang solusine
salah semua malah, salah kaprah. Sakjane sing bener itu jangan langsung
panik, tapi dipikir dengan kepala dingin, tapi itu saya belum bisa
melakukannya sampek sekarang. Terus yang kedua, biasane aku tak critakan ke
temen, be’e ono pandangan liyo, engko iso minta solusi. Aku pasti share aku
|
H
|
di rumah apa yang dilakukan untuk meredakan stress?
|
B
|
oh kalo dirumah, pasti cerita ke suami. Soalnya kadang, wong apalagi
aku punya anak, wong kadang anak kecil lagi ngerik lagi lapo, lek aku stress
kan gak sepenuh hati menenangkan, cerito ke suamiku. Tapi kalo ke ibu wis
jarang. Ya itu wis yang kulakukan.
|
H
|
berhasil gak, kira-kira selama ini?
|
B
|
yang mana? Solusinya?
|
H
|
iya
|
B
|
berhasil untuk meredakan stress, tapi gak berhasil untuk meredakan
masalah. Hehehe tapi kan ini kan meredakan stress. Kalo berrhasil meredakan
stress sih berhasil, yen masalah ya tetep ada. Berhasil sih.
|
H
|
cukup itu aja mbak. Terima kasih
|
Transkrip Wawancara Responden Kedua
Nama
|
Dialog
|
H
|
menurut panjenengan, yang panjenengan ketahui tentang stress itu apa
sih sebenarnya? Pengertiannya atau definisinya?
|
E
|
eehh, sesuatu sing membebani, sesuatu yang mungkin kadang gak nyata
nampak tapi gak kita pikirkan tapi tiba-tiba mempengaruhi kondisi tubuh.
Soale tiba-tiba gak semangat untuk kerja, malas berangkat ke kantor di pagi
harinya, opo paling nggak, lek sing lebih anu lagi, tiba-tiba merasa gak enak
badan gitu.
|
H
|
apa yang kira-kira membuat njenengan stress di kantor?
|
E
|
di kantor? Iyo sih mas, tapi kalo dibandingkan dengan kerjaanku yang
dulu, ini ndak banget. Masalahnya dulu yang menyebabkan aku stress banget itu
kalo di kerjaanku, ketika aku harus berangkat lebih awal, sedangkan ninggal
kondisi rumah dalam kondisi yang anak-anak belum siap itu, aku stressnya
disitu.
|
H
|
kira-kira pernah gak kalo disini?
|
E
|
kalo disini belum dalam tahapan yang parah. Cuman mungkin ada
beberapa hal koyok misalkan pekerjaan sing, inikan dunia baru di sungram.
Ndisik aku kan ndak berhubungan sing tentang uang, sing tentang gitu-gitu.
Kalo ini kan lebih apa ya… pekerjaan ini kan lebih kontak dengan pimpinan,
dengan pejabat-pejabat yang lebih sering kan ya…kalo dulu kan gak terlalu.
|
H
|
selama ini pernah merasa tertekan gak? Seperti merasa malas bekerja..
|
E
|
ndak sih, belum…
|
H
|
kalo di tempat yang dulu?
|
E
|
kalo dulu itu aku… ini.. apa.. aku kan yo karena jarak yang jauh itu,
jadi aku dulu itu memang sempat nek pulang itu mesti awal gitu kan. Kan mesti
ada pro kontra ya.. dari teman kerja… dirasani dan lain-lain. Padahal yang
menjadi atasanku itu orange menurutku gak keberatan sepanjang pekerjaanku
beres. Tapi karena nek di dinkes kan kita sak ruangan itu terdiri dari
beberapa seksi. Jadi nganggepnya kalo sering pulang awal pulang awal dianggep
indisipliner. Dating telat, pulang awal dan lain-lain
|
H
|
terus, bagaimana cara panjenengan mengatasi agar itu reda
|
E
|
kalo aku itu, aku termasuk orang yang paling sering, bukan nyogok
sih, tapi aku sering mbawa opo-opo jadi berusaha menjaga hubungan baik dengan
mereka. Aku inget omongane atau nasihat bapakku agar loman sama teman.
|
H
|
oke mbak Den terima kasih atas waktunya
|
Transkrip Wawancara Responden Ketiga
Nama
|
Dialog
|
H
|
Iya Mbak W, bisa dijelaskan yang dimaksud dengan stress menurut
panjenengan itu apa?
|
K
|
Stress itu kenyataan tidak sesuai dengan harapan
|
H
|
apa kira-kira ciri-ciri stress yang panjengan rasakan selama ini?
|
K
|
gejala ya… deg-degan, khawatir, was-was, mondar-mandir, nggak fokus
nggak fokus
|
H
|
apa yang membuat panjengan stress di kantor selama ini?
|
K
|
kalau di kantor lebih cenderung ke deadline. Pekerjaan yang saya gak
bisa memenuhi itu. Atau laporan yang tiba-tiba diminta itu belum bikin.
|
H
|
sering seperti itu?
|
K
|
akhir-akhir ini sudah nggak. Pas pertama-pertama iya, karena
istilahnya itu harus banyak belajar, saya juga belum faham, gak berani
melangkah kalo saya belum paham sendiri.
|
H
|
selain itu yang membuat panjenengan stress?
|
K
|
iya, dengan pimpinan. Kalo dengan teman itu lebih santai sih… gk
terlalu bikin stress. Yang bikin stress yang dengan pimpinan, dengan suami.
|
H
|
contoh kalo dengan pimpinan?
|
K
|
dengan pimpinan ya itu, ketika kita diminta data yang sebenarnya kita
gak tahu misalnya. Maka kita stress disitu. Pimpinan gak mau tahu. Lagi misal
kita gak tega melakukan teguran begitu ke karyawan, tetapi pimpinan minta
tetap harus ditegur yang bersangkutan, tapi saya mau semuanya ditegur gitu
(ndak hanya orang yg bersangkutan-red). Terus yang berhubungan dengan jabatan
saya. Karena saya di bagian kepegawaian, mau – tidak mau harus memberikan
contoh kepada staf yang lain. Dan itu saya tidak bisa memenuhi, itulah yang
membuat saya merasa stress.
|
H
|
kalau suami hubungannya dengan kerjaan tadi?
|
K
|
kalau suami yang hubungannya dengan pekerjaan ya gitu… gak boleh
lembur, gak boleh pulang telat. Padahal kita kalo kerja kana da tanggung
jawabnya. Terus misalnya yang terakhir itu DL (Dinas Luar) gak boleh DL.
Sehingga njelasin ke pimpinan itu ya membuat stress.
|
H
|
apa yang panjengan lakukan untuk bisa mengatasi stress
|
K
|
pertama, pertama sekali ya… Tarik nafas panjang. Jadi kalo saya lagi
stress ya Tarik nafas panjang biar gak tambah stressnya dan kondisi itu diterima.. kondisi itu
diterima karena ini terjadi atas ijin Allah. Kedua melakukan antisipasi atau
mencari solusi, menawarkan beberapa solusi kalau perlu ke pimpinan. Misal Pak
saya gak bisa sekarang, tapi besok saya kerjakan. Tapi kalo sudah stress
banget ya belanja.. hehehe.. selain belanja ya nyalon. Kalo ndengerin music
saya jarang.
|
H
|
diantara solusi tadi, antara belanja dan nyalon, mana yang lebih
efektif? Hehehe
|
K
|
yang lebih efektif belanja.
|
H
|
selain itu, cara mengatasi stress selain belanja, nyalon dan
lain-lain
|
K
|
cara yang lain itu, curhat. Curhat ke orang yang tepat. Kadang kan,
dengan curhat kan bisa lega. Itu cara yng terakhir kalau semua ndak berhasil.
|
H
|
terima kasih atas waktunya
|
Step II : Mengelompokkan Jawaban Responden
Dalam tahap ini, peneliti sudah mulai melakukan reduksi jawaban yaitu membuang kata-kata yang tidak perlu dan mengganggu. Selain itu juga dilakukan kategorisasi jawaban dan menyingkatnya menjadi kata kunci. Kategori jawaban bisa dikelompokkan berdasarkan pertanyaan, atau variabel penelitian dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, bisa diperhatikan tabel berikut ini :
HASIL WAWANCARA
|
KATA KUNCI
|
|
A.
Pengertian Stress Menurut Responden
|
||
B
|
stress
adalah saat seseorang menerima keadaan yang tidak sesuai dengan harapan
|
·
saat menerima keadaan yang tidak sesuai dengan harapan
|
E
|
Stress
antara lain adalah sesuatu yang membebani, sesuatu yang tidak nyata dan tidak
nampak tapi mempengaruhi kondisi tubuh.
|
·
sesuatu yang membebani,
·
sesuatu yang tidak nampak/nyata tetapi mempengaruhi kondisi
tubuh
|
K
|
Stress
itu kenyataan tidak sesuai dengan harapan
|
·
saat menerima keadaan yang tidak sesuai dengan harapan
|
B.
Penyebab Stress Sesuai Pengalaman Responden
|
||
B |
Yang
membuat stress adalah disebut sebagai pihak yang salah merencanakan padahal
kebutuhan mendadak dan tidak pernah dibahas dalam rapat. Kalau ada kesalahan,
semua ditimpakan ke perencanaan. Kedua
yang menyebabkan stress adalah saat kita diperintahkan memanipulasi data
laporan. Yang ketiga saat ada orang bertikai, kita di tengah tengah konflik
antara mereka, kita tidak ikut berkonflik tapi kena imbasnya.
|
·
menjadi pihak yang disalahkan,
·
melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hati nurani,
·
ikut terdampak konflik antar pegawai
|
E |
Yang
menyebabkan saya stress adalah ketika aku harus berangkat lebih awal,
sedangkan meninggalkan kondisi rumah dalam kondisi yang anak-anak belum siap.
Yang kedua karena dijadikan bahan
pembicaraan teman sekerja karena pulang lebih dahulu dari kantor. Sehingga
dianggap indisipliner karena sering pulang lebih awal dan datang telat.
|
·
berangkat kerja lebih awal sedangkan kondisi anak belum siap,
·
dianggap indisipliner
|
K |
Penyebab
stress ketika kita diminta data yang kita belum pernah tahu tetapi pimpinan
tidak mau tahu. Yang kedua, ketika
saya diminta pimpinan untuk menegur karyawan tetapi saya ingin menegur. Yang
ketiga karena saya di bagian kepegawaian, tidak bisa memberikan contoh kepada
staf yang lain. Selain ityang berhubungan dengan suami adalah tidak boleh
lembur, tidak boleh pulang telat. yang terakhir tidak boleh dinas luar dan
sulit untuk menjelaskannya kepada pimpinan
|
·
pimpinan tidak mau memahami kesulitan pegawai,
·
perintah pimpinan tidak sesuai dengan kehendak pegawai,
·
merasa tidak bisa jadi teladan,
·
suami melarang pulang telat,
·
suami melarang dinas luar
|
C.
Gejala stress sesuai pemahaman responden
|
||
B |
gejala
stress yang biasa saya alami adalah tidak mood kerja. kemudian jika ingin
membuka program excel atau word, tetapi membuka aplikasi lain. Seperti
mencari pelampiasan dengan tidak mengerjakan pekerjaan tersebut. Yang kedua
saat stress adalah merasa gelisah dan serba bingung. Yang ketiga, ciri-ciri
kalau sedang stress adalah menjadi pendiam dan sulit untuk fokus.
|
·
tidak semangat kerja,
·
ingin menghindari pekerjaan sumber stress,
·
gelisah,
·
serba bingung,
·
menjadi pendiam
·
sulit untuk fokus
|
E |
Tiba-tiba
tidak semangat untuk bekerja, malas berangkat ke kantor di pagi hari, dan
tiba-tiba merasa tidak enak badan.
|
·
tidak semangat kerja,
·
tiba-tiba merasa badan tidak sehat
|
K |
gejala
stress antara lain deg-degan, khawatir, was-was, mondar-mandir, tidak
fokus-fokus
|
·
Jantung berdebar,
·
merasa khawatir,
·
mondar-mandir,
·
sulit untuk fokus
|
D.
Bagaimana pengalaman responden mengatasi stress
|
||
B |
Jika
ada masalah, tidak langsung panik, tapi diam terlebih dahulu dan difikir
dahulu dengan kepala dingin. Yang kedua, aku biasa menceritakannya ke teman,
mungin ada pandangan lain,nanti bisa minta solusi. Aku juga selalu berbagi
cerita dengan suami
|
·
berusaha tidak panik,
·
cerita ke teman,
·
minta solusi ke teman,
·
cerita ke suami
|
E |
kalo
aku itu, aku termasuk orang yang paling sering memberi, bukan maksud untuk
menyuap, tapi aku sering mbawa sesuatu. Jadi, berusaha menjaga hubungan baik
dengan mereka. Aku jadi inget kata ayahku untuk suka memberi ke sesama teman.
|
·
sering berbagi rizki ke teman,
·
menjaga hubungan baik dengan teman
|
K |
Jadi
kalau saya sedang stress, saya tarik nafas panjang agar tidak bertambah
stress dan kondisi itu diterima. Kondisi itu diterima karena hal itu terjadi
atas ijin Allah. Kedua melakukan antisipasi atau mencari solusi, menawarkan
beberapa solusi kalau perlu ke pimpinan. Misalnya mengatakan "Pak saya
tidak bisa sekarang, tapi besok akan saya kerjakan". Tetapi kalau sudah
stress sekali, saya belanja. Selain belanja, saya pergi ke salon. Saya jarang
kalau mendengarkan musik .
|
·
menenangkan diri,
·
menerima kondisi,
·
berusaha mencari solusi,
·
belanja,
·
pergi ke salon
|
Step III : Membuat Rekapitulasi Jawaban Responden
Dalam tahap ini, kata kunci dari jawaban responden direkap dalam sebuah tabel. Kata kunci kemudian diberi tanda warna untuk mengelompokkan jawaban yang sama maknanya. Berikut contoh tabelnya :
Pertanyaan
|
Responden 1 (B)
|
Responden 2 (E)
|
Responden 3 (K)
|
Pengertian Stress
|
saat menerima keadaan
yang tidak sesuai dengan harapan
|
·
sesuatu yang membebani,
·
sesuatu yang tidak
nampak/nyata tetapi mempengaruhi kondisi tubuh
|
saat menerima keadaan
yang tidak sesuai dengan harapan
|
Penyebab Stress
|
·
menjadi pihak yang disalahkan,
·
melakukan sesuatu yang
bertentangan dengan hati nurani,
·
ikut terdampak konflik antar
pegawai
|
·
berangkat kerja lebih
awal sedangkan kondisi anak belum siap,
·
dianggap indisipliner
|
·
pimpinan tidak mau memahami
kesulitan pegawai,
·
perintah pimpinan tidak
sesuai dengan kehendak pegawai,
·
merasa tidak bisa jadi
teladan,
· suami melarang pulang telat,
·
suami melarang dinas luar
|
Gejala Stress
|
·
tidak semangat kerja,
· ingin menghindari pekerjaan sumber stress,
· gelisah,
·
serba bingung,
· menjadi pendiam
·
sulit untuk fokus
|
· tidak semangat kerja,
·
tiba-tiba merasa badan tidak
sehat.
|
· Jantung berdebar,
·
merasa khawatir,
· mondar-mandir,
·
sulit untuk fokus
|
Cara Mengatasi
|
·
berusaha tidak panik,
· cerita ke teman,
· minta solusi ke teman,
·
cerita ke suami
|
·
sering berbagi rizki ke teman,
·
menjaga hubungan baik
dengan teman
|
· menenangkan diri,
·
menerima kondisi,
·
berusaha mencari solusi,
·
belanja,
·
pergi ke salon
|
Step IV : Menyimpulkan Jawaban dan Pembahasan
Langkah terakhir adalah melakukan analisis hasil wawancara dan pembahasan. Dalam tahap ini, peneliti menyimpulkan kata kunci jawaban responden yang berdasarkan kesamaan warna pada tabel rekapitulasi. Kesimpulan dibuat dalam kalimat yang mampu merangkum kesamaan dan keragaman jawaban responden. Sedangkan pembahasan adalah mendiskusikan kesimpulan jawaban responden dengan penelitian lain ataupun teori yang terkait dengan topik yang dibahas. Berikut contoh analisis dan pembahasan.
A. Pengertian stress
Mayoritas responden menyatakan bahwa stress adalah ketika menerima sesuatu yang tidak sesuai kenyataan. Sedangkan sebagian responden yang lain menganggap bahwa stress adalah sesuatu yang tidak Nampak tapi mempengaruhi kondisi tubuh.
Pengertian stress yang dipahami oleh para responden sesuai dengan interpretasi masing-masing mengenai kata “stress”. Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Nelson dan Quick (2013) bahwa banyak interpretasi mengenai stress sesuai masing-masing orang yang menggunakan istilah itu.
Konsep stress yang diterima umum telah diutarakan oleh McGrath (1976), hal ini karena McGrath merupakan perintis awal yang merumuskan bidang stress di tempat kerja. Dia mendefiniskan stress merupakan situasi dimana pekerja merasakan kemampuan dan sumber daya yang dimiliki, di luar kebutuhan lingkungan kerja mereka. Artinya terjadi ketidak seimbangan antara kemampuan pekerja dengan kebutuhan lingkungan kerja.
B. Penyebab Stress menurut pengalaman Responden
Mayoritas responden menyatakan bahwa penyebab stress di tempat kerja adalah ketika harus melaksanakan perintah pimpinan yang tidak sesuai dengan kehendak dan nurani responden. Selain itu, penyebab stress yang lain cukup beragam antar responden antara lain menjadi pihak yang disalahkan, ikut terdampak konfilik antar pegawai, harus berangkat kerja lebih awal disaat kondisi anak di rumah belum siap, dianggap indispliner, pimpinan tidak mau memahami kesulitan pegawai, merasa tidak bisa menjadi teladan dan larangan suami untuk tidak pulang telat dan dinas luar.
Penyebab stress di tempat kerja yang dirasakan responden, sejalan dengan apa yang diungkap oleh Karasek dan Theorell (1990). Penyebab utama stress di tempat kerja dalam kebanyakan organisasi di seluruh dunia adalah disebabkan oleh beban kerja yang melampaui kemampuan pegawai, masa bekerja yang panjang, kurangnya pendampingan, kerja yang monoton, konflik antar individu, kurangnya penghargaan dan masalah organisasi. Selain itu, faktor jarak rumah dengan tempat kerja juga dirasakan oleh mayoritas responden sebagai salah satu pendorong terjadinya stress karena berhubungan dengan keluarga.
C. Gejala Stress
Mayoritas responden menyatakan gejala stress yang selama ini dirasakan adalah tidak semangat kerja, sulit untuk fokus dan merasa gelisah/khawatir dan serba bingung. Gejala stress lain yang dirasakan oleh responden juga cukup beragam antara lain ingin menghindari pekerjaan sumber stress, serba bingung, menjadi pendiam, jantung berdebar dan tiba-tiba merasa badan tidak sehat.
Gejala stress yang dirasakan oleh myoritas responden sesuai dengan pernyataan Nelson dan Quick (2013) berupa kemurungan, kelesuan dan gangguan psikosomatik. Psikologi yang terganggu secara berkepanjangan akan memberikan kesan ke atas fisiologi seperti sakit jantung, tekanan darah tinggi, kelesuan dan semisalnya. Mayoritas responden merasakan akibat dari stress yang mengarah pada kecenderungan melakukan kesalahan, penurunan kualitas kinerja, suasana kerja yang merosot (Jain, et al.,2012 ; Cox & Griffiths, 1995).
D. Cara mengatasi
Mayoritas responden mengatasi stress dengan cara menenangkan diri agar tidak panik. Selanjutnya, para responden mengatasi stress dengan cara yang cukup beragam antara lain menerima kondisi, menceritakan masalah ke teman untuk meminta solusi, menjaga hubungan baik dengan sering berbagi rizki ke teman, berusaha mencari alternative solusi untuk ditawarkan kepada pimpinan. Adapula di antara responden yang menghilangkan stress dengan cara pergi berbelanja dan ke salon. Cara mayoritas responden dalam mengatasi stress, sesuai dengan pendapat Ardi Ardani, Tri Rahayu dan Sholichatun (2007) mengenai strategi dalam mengatasi stress yaitu dengan memecahkan persoalan secara tenang. Beberapa aturan yang harus diikuti dalam mengatasi stress yang dikemukakan oleh Jere Yates dalam Rini (2002) juga dilakukan oleh responden seperti menerima diri sendiri apa adanya, tetap memelihara hubungan persahabatan yang baik dengan seseorang yang dianggap paling bisa diajak curhat, melakukan tindakan konstruktif dalam mengatasi sumber stress dalam pekerjaan, berusaha mempertahankan aktivitas yang kreatif di luar pekerjaan.
No comments:
Post a Comment