Total Pageviews

Tuesday, September 11, 2018

Elemen Kunci Promosi Kesehatan

WHO mendefinisikan promosi kesehatan sebagai berikut : 
 "Health promotion is the process of enabling people to increase control over, and to improve, their health. It moves beyond a focus on individual behaviour towards a wide range of social and environmental interventions." 

Definisi tersebut bisa dimaknai bahwa promosi kesehatan memungkinkan orang untuk meningkatkan kontrol atas kesehatan mereka sendiri. Ini mencakup berbagai intervensi sosial dan lingkungan yang dirancang untuk memberi manfaat dan melindungi kesehatan dan kualitas hidup individu dengan mengatasi dan mencegah akar penyebab kesehatan yang buruk, tidak hanya berfokus pada perawatan dan penyembuhan. 

Ada 3 elemen kunci promosi kesehatan: 

1. Good governance for health 

Promosi kesehatan membutuhkan pembuat kebijakan di semua departemen pemerintah untuk menjadikan kesehatan sebagai garis pusat kebijakan pemerintah. Ini berarti mereka harus memasukkan implikasi kesehatan ke dalam semua keputusan yang mereka ambil, dan memprioritaskan kebijakan yang mencegah orang menjadi sakit dan melindungi mereka dari cedera. Kebijakan-kebijakan ini harus didukung oleh peraturan yang sesuai dengan insentif sektor swasta dengan sasaran kesehatan masyarakat. Misalnya, dengan menyelaraskan kebijakan pajak pada produk yang tidak sehat atau berbahaya seperti alkohol, tembakau, dan produk makanan yang tinggi garam, gula dan lemak dengan langkah-langkah untuk meningkatkan perdagangan di daerah lain. Dan melalui undang-undang yang mendukung urbanisasi yang sehat dengan menciptakan kota-kota walkable, mengurangi polusi udara dan air, menegakkan pemakaian sabuk pengaman dan helm. 


2. Health Literacy 

Orang perlu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan informasi untuk membuat pilihan yang sehat, misalnya tentang makanan yang mereka makan dan layanan kesehatan yang mereka butuhkan. Mereka perlu memiliki kesempatan untuk membuat pilihan itu. Dan mereka perlu diyakinkan akan lingkungan di mana orang dapat menuntut tindakan kebijakan lebih lanjut untuk lebih meningkatkan kesehatan mereka.


3. Health City 

Kota memiliki peran kunci untuk dimainkan dalam mempromosikan kesehatan yang baik. Kepemimpinan dan komitmen yang kuat di tingkat kota sangat penting untuk perencanaan kota yang sehat dan untuk membangun langkah-langkah pencegahan di masyarakat dan fasilitas perawatan kesehatan primer. Dari kota yang sehat berevolusi negara yang sehat dan, akhirnya, dunia yang lebih sehat.

No comments:

Post a Comment