Pemberdayaan masyarakat paling
sering dilihat dalam literatur sebagai Model Kontinum yang terdiri dari rangkaian
5 poin unsur-unsur berikut :
- tindakan pribadi;
- pengembangan kelompok-kelompok kecil;
- organisasi kemasyarakatan;
- kemitraan; dan
- aksi sosial dan politik
(Jackson et al ;
Labonte, dalam Laverack, (2005)).
Labonte (dalam Laverack 2005) mengklaim
bahwa kontinum ini pertama kali dikembangkan di Australia dalam lokakarya
dengan petugas layanan kesehatan dan sosial pada tahun 1988. Labonte kemudian
menerbitkan versi kontinum untuk pemberdayaan masyarakat yang diikuti oleh
Jackson dkk pada tahun 1989 yang menerbitkan versi mereka
untuk pengembangan komunitas menggunakan rangkaian 5 poin serupa. Rissel (dalam Laverack 2005) kemudian
mengadaptasi dua interpretasi kontinum ini untuk menjelaskan bagaimana
pemberdayaan psikologis terkait dengan proses pemberdayaan masyarakat. Ketiga penulis ini menggunakan terminologi yang sedikit
berbeda yang pada dasarnya memegang makna yang sama dan mewakili desain
konseptual yang sama: potensi orang untuk berkembang dari individu ke tindakan
kolektif sepanjang sebuah rangkaian.
Perkembangan organisasi masyarakat
berdasarkan model kontinum sangat penting untuk memungkinkan kelompok kecil
melakukan transisi ke jaringan aliansi yang lebih luas. Melalui kemitraan inilah organisasi
dapat memperoleh dukungan dan sumber daya yang lebih besar untuk mencapai hasil
yang menguntungkan bagi kepentingan khusus mereka. Tantangan utama bagi kesehatan masyarakat adalah bagaimana
Praktisi dan lembaga yang mereka wakili menyusun program pemberdayaan mereka di
sepanjang kontinum tersebut. (Laverack 2005)
Ada keterbatasan konsep kontinum
pemberdayaan masyarakat. Kelompok dan organisasi yang muncul dalam proses pemberdayaan
masyarakat memiliki dinamika tersendiri. Mereka
dapat berkembang untuk sementara waktu, lalu memudar karena alasan yang banyak
berkaitan dengan perubahan pada masyarakat karena kurangnya dukungan politik
atau keuangan yang lebih luas (Laverack 2005).
Laverack (2005) menawarkan
pendekatan 'domain' untuk memberikan cara pengembangan strategi yang sedikit
berbeda, dan lebih presisi, sementara pada saat bersamaan berkembang sepanjang
kontinum. Penelitian Laverack dilakukan untuk mengidentifikasi pemberdayaan
'domain' dengan menggunakan:
a.
review
dari literatur yang relevan;
b.
pemetaan konsep yang melibatkan analisis tekstual terhadap
studi kasus; dan
c.
kesepakatan
antar pengamat tentang pemilihan pemberdayaan domain.
Sebagai hasil dari kajian, Laverack (2001,
2004) mengidentifikasi sembilan 'domain' pemberdayaan masyarakat antara lain :
- Community
Participation
- Problem
Assessment Capacities
- Local
Leadership
- Organisational
Structures
- Resource
Mobilisation
- Links
to other organisations and people
- Ability
to “ask why” (critical awareness)
- Community
control over programme management
- An
equitable relationship with outside agents
9 domain tersebut bisa juga dijadikan indikator pemberdayaan masyarakat. Dengan mengevaluasi 9 domain tersebut, kita dapat menilai apakah sebuah program merupakan program memenuhi prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat ataukah tidak.
Secara
ringkas, kesembilan domain tersebut dijelaskan pada tabel 1.
Tabel
1 The
empowerment domains (Laverack and Labonte dalam Laverack 2005)
NO
|
DOMAIN
|
DESKRIPSI
|
1
|
Participation
|
Hanya dengan berpartisipasi dalam kelompok kecil atau organisasi
yang lebih besar, anggota masyarakat dapat bertindak berdasarkan isu-isu yang
menjadi perhatian umum masyarakat luas
|
2
|
Local
Leadership
|
Partisipasi dan kepemimpinan
sangat erat kaitannya. Kepemimpinan membutuhkan basis peserta yang kuat begitu
juga partisipasi membutuhkan arahan dan struktur kepemimpinan yang kuat.
|
3
|
Organisational
Structures
|
Struktur organisasi dalam sebuah komunitas mewakili cara-cara di
mana orang berkumpul untuk bersosialisasi dan untuk menyelesaikan kepentingan
dan masalah mereka.
|
4
|
Problem
Assessment
|
Identifikasi masalah, solusi terhadap masalah dan tindakan untuk
menyelesaikan masalah dilakukan oleh masyarakat.
|
5
|
Resource
Mobilisation
|
Kemampuan masyarakat untuk memobilisasi sumber daya baik dari
dalam maupun kemampuan untuk menegosiasikan sumber daya dari luar dirinya
sendiri merupakan faktor penting dalam kemampuannya mencapai keberhasilan
dalam upayanya.
|
6
|
Asking
Why
|
Kemampuan masyarakat untuk
menilai secara kritis penyebab ketidaksetaraannya
|
7
|
Links
to other
|
Hubungan dengan orang dan
organisasi, termasuk kemitraan, koalisi dan aliansi sukarela antara
masyarakat dan orang lain, dapat membantu masyarakat dalam menangani
permasalahannya.
|
8
|
Role
of the outside agents
|
Peran
agen luar untuk mentransformasi kemampuan kepada masyarakat sasaran sehingga
mampu mengendalikan program.
|
9
|
Programme
management
|
Manajemen program yang dapat memberdayakan masyarakat mencakup
kontrol oleh pemangku kepentingan utama mengenai keputusan mengenai
perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, keuangan, pelaporan dan resolusi konflik
|
Laverack (2005) mencoba menggambarkan (gambar 1) urutan
interaksi antara pendekatan domain dan model kontinum. Tujuannya adalah untuk memberi
pemahaman yang lebih baik kepada para Praktisi tentang bagaimana mereka dapat
memperkuat proses pemberdayaan masyarakat dan menawarkan sejumlah saran praktis
untuk penerapannya dalam konteks program.
Gambar
1 Combining the empowerment continuum and
empowerment ‘domains’ (Laverack, 2005)
Pendekatan
Domain oleh Laverack akan semakin mudah dipahami dengan deskripsi masing-masing
domain di sepanjang model kontinum sebagai berikut :
1. Empowering
individuals for action
Titik Kontinum 1 dan Domain Pemberdayaan no 1 : Participation
Tindakan pribadi untuk memperbaiki
kesehatan dapat dimulai saat individu merasa tidak berdaya menghadapi suatu
situasi, merasakan keinginan untuk memperbaiki, apa yang mereka anggap sebagai,
situasi yang tidak adil atau ingin bertindak sesuai dengan pengalaman emosional
dalam kehidupan mereka (Laverack 2005). Kieffer (dalam Laverack 2005) memberikan contoh bagaimana ini
terjadi pada satu wanita yang menjadi aktif dalam masyarakat kecil mendukung
kelompok untuk keamanan lingkungan setelah mendapat serangan dalam perjalanan
pulang.
Hanya
dengan berpartisipasi dalam kelompok kecil atau organisasi yang lebih besar,
anggota masyarakat dapat bertindak berdasarkan isu-isu yang menjadi perhatian
umum masyarakat luas. Dengan demikian peran Praktisi/Fasilitator adalah mendorong
individu untuk berpartisipasi aktif dalam aktivitas kelompok dalam
menyelesaikan bersama (Laverack
2005).
Laverack
(1999) merumuskan Karakteristik Partisipasi dalam Pemberdayaan Orang Lain (For
Personal Action) antara lain :
- Partisipan yang kuat melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk kelompok terpinggirkan, namun sensitif terhadap konteks budaya dan sosial.
- Partisipan menentukan kebutuhan, solusi dan tindakan mereka sendiri.
- Partisipan terlibat dalam mekanisme pengambilan keputusan pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
- Partisipan didorong untuk memperluas isu penyebab ketidakberdayaan dan menjadi kritis terhadap diri sendiri.
- Adanya mekanisme yang memungkinkan arus informasi yang bebas antara partisipan yang berbeda melalui komunikasi yang efektif.
- Perwakilan ditunjuk oleh anggota dari semua kelompok.
- Praktisi membina hubungan yang memberdayakan antara profesional-klien.
2. Empowering
groups
Titik Kontinum
2 dan domain pemberdayaan Problem
Assessment
Keterlibatan dan pengembangan
kelompok-kelompok kecil yang saling terkait individu adalah awal dari tindakan kolektif (Laverack 2005). Andrew Jones dan Glenn
Laverack (dalam Laverack 2005) mengidentifikasi sejumlah karakteristik kelompok 'minat' kecil dan fungsional antara lain :
- Memiliki keanggotaan perwakilan terpilih;
- Mayoritas anggotanya bertemu secara teratur;
- Memiliki struktur keanggotaan yang disepakati (ketua, sekretaris, anggota inti, dll);
- Semua anggota berpartisipasi aktif dalam pertemuan;
- Kelompok tersebut bertemu dengan praktisi untuk membahas masalah secara reguler;
- Menyimpan catatan pertemuan sebelumnya;
- Menyimpan rekening keuangan;
- Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan konflik dengan cepat; dan
- Mampu mengidentifikasi 'masalah' dan sumber daya yang tersedia bagi ' kelompok kepentingan'.
Keterampilan penilaian masalah diperlukan
bagi kelompok kecil untuk dapat mengidentifikasi masalah umum anggotanya,
solusi terhadap masalah dan tindakan untuk menyelesaikan masalah. Bila keterampilan ini tidak ada atau
lemah, peran Praktisi akan membantu masyarakat untuk melakukan penilaian
terhadap masalah dan permasalahannya sendiri (Laverack 2005). Sejumlah metode partisipatif telah dikembangkan seperti :
- Participatory Rural Appraisal (Marsden et al., 1994)
- Three Pile Sorting Cards and Open-Ended Problem Drama (Srinivasan, 1993)
- Pocket Charts (Wood et al, 1998)
- Community Stories (Ronald Labonte, 1998) dan lain sebagainya.
Kegagalan
Fasilitator dalam membantu masyarakat menemukan masalah akan berakibat pada
kegagalan program pemberdayaan masyarakat.
Kegagalan program
dapat dipelajari dari pengalaman program kesehatan masyarakat di Srilanka. Lembaga donor mengadakan
sejumlah pertemuan dengan anggota masyarakat untuk membahas masalah kesehatan
mereka. Ketika ditanya apa penyebab utama
kesehatan yang buruk di masyarakat mereka, orang-orang menanggapi dengan
mengatakan bahwa itu karena 'roh-roh' datang dari pemakaman. Para agen mengakui hal ini namun telah menetapkan agenda
mereka sendiri untuk membangun sumur dan jamban di masyarakat mereka
mengabaikan masalah ini dan melanjutkan proyek air dan sanitasi. Komunitas berpartisipasi dalam proyek ini dengan menyediakan
tenaga sukarela untuk menggali sumur dan jamban dan mempekerjakan
tukang batu setempat untuk menyelesaikan pekerjaan batu. Agen luar menyediakan dana untuk membeli bahan bangunan.
Hasilnya adalah bahwa masyarakat melihat sumur dan jamban sebagai bagian dari
proyek pemerintah dan sebagian besar tidak pernah digunakan dan akibatnya
terjerumus. Dua tahun setelah proyek
dimulai masyarakat terus menyalahkan kesehatan mereka yang buruk pada 'roh' (Laverack, 1999).
Pelajaran penting bagi Praktisi adalah
mereka harus siap untuk mendengarkan apa yang diinginkan oleh anggota kelompok,
mereka mungkin tidak menyukai apa yang mereka dengar, namun mereka harus
berkomitmen untuk terus melangkah maju dan membangun isu-isu tersebut (dalam
Laverack 2005).
3. Empowering
groups for the development of community organisations
Titik Kontinum 3 and Domain Pemberdayaan :
Organisational structures, Resource
mobilisation and leadership skills
Organisational
Structures
Struktur
Organisasi dalam sebuah masyarakat, mempresentasikan cara bersosialisasi dan
bagaimana mereka mengatasi masalah. Organisasi masyarakat tidak hanya lebih besar dari kelompok
kecil mereka juga memiliki struktur yang mapan, kepemimpinan yang lebih
fungsional , kemampuan untuk mengatur anggotanya dengan lebih
baik untuk memobilisasi sumber daya dan untuk mendapatkan keterampilan
yang diperlukan untuk memungkinkan kelompok kecil melakukan transisi ke
kemitraan dan aliansi. Keterampilan ini
meliputi perencanaan dan pengembangan strategi, pengelolaan waktu, membangun
tim, jaringan, negosiasi, penggalangan dana , pemasaran, pengelolaan
publisitas dan penulisan proposal (Laverack, 2005).
- Menstimulasi dialog untuk berbagi ide dan pengalaman untuk mengarah pada pemikiran kritis tentang identifikasi penyebab sebenarnya dari ketidakberdayaan mereka.
- Memberikan
jawaban atas pertanyaan klien (edukasi) dan memberikan sumber
informasi pendukung yang dapat
mereka akses.
- Mendorong
klien untuk mengembangkan strategi tindakan untuk menyelesaikan masalah
yang sudah mereka identifikasi menuju kontrol yang lebih besar.
(Laverack 2005)
Community Control over Programme
Management
Organisasi
masyarakat tidak hanya lebih besar dari kelompok kecil mereka juga memiliki struktur yang mapan,
kepemimpinan yang lebih fungsional , kemampuan untuk mengatur
anggotanya dengan lebih baik untuk memobilisasi sumber daya dan untuk
mendapatkan keterampilan yang diperlukan untuk memungkinkan kelompok kecil
melakukan transisi ke kemitraan dan aliansi. Keterampilan ini meliputi perencanaan dan pengembangan
strategi, pengelolaan waktu, membangun tim, jaringan, negosiasi, penggalangan
dana , pemasaran, pengelolaan publisitas dan penulisan proposal. Peran Praktisi/Fasilitator adalah membantu
mengembangkan keterampilan mereka sehingga mereka mampu mengelola program
secara mandiri (Laverack, 2005).
Resources Mobilisation
Kemampuan
masyarakat untuk memobilisasi sumber daya dari dalam dan menegosiasikan sumber
daya dari luar merupakan indikasi tingkat keterampilan dan organisasi yang
tinggi (Laverack 2005).
Organisasi
masyarakat memungkinkan orang untuk maju seiring pemberdayaan melalui
peningkatan kemampuan kelompok kecil untuk meningkatkan sumber daya internal
dan mengakses sumber daya eksternal. Sumber daya internal adalah yang diangkat di dalam masyarakat
dan mencakup tanah, makanan, uang, keterampilan orang dan pengetahuan lokal. Sumber daya eksternal adalah yang dibawa ke masyarakat oleh,
misalnya, Praktisi, dan mencakup bantuan keuangan, keahlian teknis, pengetahuan
dan peralatan 'baru'. Kemampuan masyarakat
untuk memobilisasi sumber daya dari dalam dan untuk menegosiasikan sumber daya
dari luar dirinya sendiri merupakan indikasi tingkat keterampilan dan
organisasi yang tinggi. Peran
Praktisi adalah mengenali potensi dan menghubungkan antara sumber daya yang
tepat dengan masyarakat sasaran (Laverack, 2005).
Leadership
Skill
Pengembangan organisasi masyarakat dan
kepemimpinan lokal saling terkait erat (Laverack 2005). Goodman dalam (dalam
Laverack 2005) menyatakan bahwa Kepemimpinan membutuhkan basis peserta yang kuat seperti
halnya organisasi masyarakat memerlukan arahan dan struktur kepemimpinan yang
kuat. Dimana pemimpin tampaknya memiliki
visi yang terbatas mengenai tujuan mereka atau tidak memiliki strategi, peran
Praktisi adalah untuk membantu mengembangkan keterampilan mereka, misalnya
dalam penulisan manajemen, akuntansi dan proposal. Praktisi juga harus mempertimbangkan: siapa yang mewakili
'komunitas', bagaimana mereka dipilih, tingkat pelatihan dan keterampilan
mereka saat ini dan apakah keseimbangan antara pengaruh ekonomi dan tradisional
mereka di masyarakat (Laverack,
2005).
Goodman dkk . (dalam Laverack 2005), yang
berpendapat bahwa pendekatan pluralistik di masyarakat, di mana ada interaksi
antara pemimpin posisional yaitu mereka
yang telah terpilih atau ditunjuk dan pemimpin terkenal yaitu mereka yang
secara informal melayani masyarakat, memiliki kesempatan untuk memimpin lebih
baik. untuk pemberdayaan masyarakat. Jika
tidak, dominasi satu pemimpin dapat mengakibatkan mereka menggunakan kekuasaan
mereka-atas masyarakat, atau kelompok di dalam masyarakat, untuk memanipulasi
situasi demi keuntungan mereka sendiri.
4. Empowering community organisations to
develop partnerships
Titik
Kontinum 4 dan pemberdayaan domain: Link to Others
Link
to Others
Agar
efektif dalam mempengaruhi pengambilan keputusan kebijakan 'tingkat tinggi',
organisasi masyarakat perlu terhubung dengan orang lain yang memiliki masalah
serupa. Tujuan kemitraan adalah untuk memungkinkan organisasi masyarakat
berkembang melampaui masalah lokal mereka sendiri dan untuk mengambil posisi
yang lebih kuat mengenai isu-isu yang lebih luas melalui jaringan dan
mobilisasi sumber daya (Laverack
2005).
Tujuan Partnerships menurut Laverlack,
2005 antara lain :
- Mempengaruhi pengambilan keputusan pada level kebijakan yang lebih tinggi;
- Memungkinkan organisasi masyarakat berkembang melampaui masalah lokal mereka sendiri;
- Mendapat posisi yang lebih kuat mengenai isu-isu yang lebih luas
- Mobilisasi sumber daya
Contoh
Pengembangan Kemitraan dapat dipelajari dari Cluster Community di Iowa,
Amerika (Korsching and Borich, 1997). Cluster Community adalah aliansi
sukarela antara dua atau lebih komunitas untuk mengatasi masalah, kebutuhan dan
kepentingan yang sama. Tahapan pembentukan Cluster
Communities menurut Korsching dan Borich (dalam Laverack 2005) antara lain :
- inisiasi oleh individu atau organisasi yang bersangkutan,
- pembentukan pertemuan dengan kelompok lain,
- Pembentukan organisasi formal,
- pengembangan hubungan dan kemitraan lebih lanjut melalui perluasan perhatian masyarakat untuk menangani isu-isu yang lebih luas
5. Empowering
communities to take social and political action
Titik
Kontinum 5
Asking
Why
Praktisi/Fasilitator
membantu klien mereka untuk menjadi lebih sadar secara kritis dan berperan
lebih aktif dalam masalah sosial dan politik melalui aksi kolektif. Hal ini
termasuk mendorong partisipasi mereka dalam kelompok masyarakat dan organisasi
dan dalam pengembangan kemitraan menuju tindakan langsung seperti kampanye
publisitas, demonstrasi sipil, demonstrasi publik dan tindakan hukum. Dalam
konteks program, peran praktisi/fasillitator, atas permintaan masyarakat,
adalah untuk membangun kapasitas, menyediakan sumber daya dan dukungan teknis
kepada individu, kelompok dan organisasi. Praktisi perlu menyadari bahwa
praktik kesehatan masyarakat yang memberdayakan adalah kegiatan politik (Laverack,
2005).
Role
of the outside agents
Peran agen luar untuk mentransformasi kemampuan kepada
masyarakat sasaran sehingga mampu mengendalikan program (Laverack 2005).
Menurut
Laverlack, 2005, peran penting praktisi/fasilitator sebagai orang luar antara
lain sebagai berikut :
a.
membantu masyarakat sasaran untuk
meningkatkan sumber daya,
b.
mengembangkan skill dan kapasitas,
c.
memperoleh akses terhadap pembuat
kebijakan dan
d.
mendukung program melalui keahlian dan
kekuasaan yang dimilki
Daftar Pustaka
Laverack, Glenn.
2005, Public Health : Power, Empowerment and Professional Practice, New York:
Palgrave Macmillan
Sumber : Najiati,
Sri, dkk.2005. Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Bogor : Wetlands
International
No comments:
Post a Comment